• Desa Jolotundo, RT.03, RW.01, Lasem, Rembang
  • 085290259389
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

KEMAH LITERASI FORUM TAMAN BACA MASYARAKAT ( FTBM) SE JAWA TENGAH DI GP CUNTEL HILL KOPENG

29 November 2021 Bagaskoro Berita Desa Dibaca 2.124 Kali

jolotundo-rembang.desa.id Era digital yang kian maju dan canggih memang tak dapat dibendung seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam memperoleh serta mentransfer segala informasi baik dalam sektor bisnis ekonomi maupun dunia pendidikan masyarakat.

Meskipun demikian pegiat Literasi Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) tetap eksis dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui membaca buku meskipun dinilai ketinggalan jaman,

 Dengan bertemakan Geliat Literasi Membangun Negri, Forum Taman Baca Masyarakat Prov. Jawa Tengah menyelenggarakan Kemah Literasi se Jawa Tengah pada Sabtu-Minggu 27-28 November 2021 bertempat di lokasi wisata Gardu Pandang Cuntel Hill Kopeng Kec. Getasan Kab. Semarang Jawa Tengah.

Ketua Kemah Literasi Misbachul Munir (pengelola TBM Basmala)  dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sedianya ditargetkan untuk 80 peserta dari TBM dan PKBM, namun dikarenakan antusias dari anggota TBM dan PKBM Jawa Tengah yang demikian besar sehingga peserta membengkak menjadi 125 peserta. Adapun Kabupaten yang tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut adalah Kab. Klaten dan Kab. Karanganyar. Misbachul Munir juga menambahkan bahwa kegiatan Kemah Literasi tersebut diharapkan :

1. Peserta memiliki wawasan tentang perkembangan literasi,

2. Memiliki jejaring yg kuat antar peserta literasi,

3. Menguatkan TBM untuk mengembangkan ke bidang kewirausahaan.

 Dalam kegiatan tersebut panitia Kemah Literasi bekerja sama dengan Lingkungan Hidup dan juga PLN sehingga daerah tersebut yang semula belum tersentuh jaringan listrik PLN kini sudah dapat memperoleh manfaat listrik dari PLN, itupun tidak lepas dari pihak kecamatan setempat yang berperan dan yang sangat mendukung kegiatan ini, dan ibu camat sendiri juga ikut datang berserta kasi- kasi. 

Selain berkolaborasi menampilkan berbagai literasi para peserta juga memamerkan hasil dari kewirausahaan di TBM  berupa hasil produksi diantaranya adalah batik tulis dari Lasem, emping jagung dari Pamotan, Krupuk Gendar dari Demak, serbuk jahe berbagai varian dari cilacap, madu sehat dan berbagai hasil produksi karya masing-masing TBM dan PKBM di Jawa Tengah.

 Selain dihadiri oleh pengurus Balai Bahasa Jawa Tengah, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pengelola Taman Baca dari Aceh sekaligus Pengurus Balai Bahasa dari Aceh.( lagsono)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar